Cara Menghemat Baterai Android (Smartphone)

Cara Menghemat Baterai Android (Smartphone) - Pada zaman sekarang ini, siapa yang tidak kenal dengan yang namanya smartphone, hampir semua kalangan mulai dari anak kecil, remaja, hingga dewasa (orangtua) beralih dari handphone yang tadinya kebutuhanya hanya untuk sekedar telfon dan sms menjadi smartphone, dimana kebutuhan para pengguna sangat ini di manjakan dengan kemudahan yang di tawarkan. Bagaimana tidak, kini semua gadget berada pada satu alat. Sangat Luar biasa bukan.
Menghemat Baterai Android

Sebut saja OS Android, yang hanya dalam beberapa tahun saja sudah berhasil mengambil alih perhatian masyarakat luas.
Tapi di balik kemudahan yang ditawarkan, tentu saja terdapat kelemahan. Ya, seperti peribahasa "tak ada gading yang tak retak". Mungkin inilah sebutan yang cocok, secanggih apapun gadgetnya, banyak para pengguna merasakan bahwa daya tahan baterai pada smartphone sangatlah kurang atau cepat sekali habis. Bisa hampir dipastikan, dalam sehari pasti sekali charge, beda dengan handphone (Nokia pada masanya) non-smartphone yang dapat bertahan hingga 3 hari tanpa charge.

Pada ponsel android kebutuhan Internet menjadi salah satu faktor mengapa baterai cepat habis, karena daya yang digunakan ketika ponsel online akan lebih besar dibanding dengan ketika tidak mengaktifkan koneksi internet.

Sayangnya kebiasaan kita ketika baterai sudah hampir habis, Smartphone tersebut kita charge, tetapi karena masih asik dengan gadget kita, akhirnya ponselpun tetap kita pakai dalam keadaan charge. Inilah salah satu faktor baterai akan cepat Habis. Jadi sebaiknya, Ketika ponsel sedang di charge, jangan kita gunakan tetapi kita diamkan atau lebih baik jika kita non-aktifkan, cara ini akan membuat umur baterai akan lebih awet.

Selain cara diatas, nah ada lagi beberapa cara jitu membuat baterai android lebih awet, apa sajakah itu? mari kita bahas.
  1. Coba untuk mematikan perangkat ketika sedang di charge. Penerapan mudahnya ketika kita sedang tidur.
  2. Pencarian signal / sinyal yang lemah ketika berada di daerah juga menjadi faktor baterai akan lebih cepat habis, jadi usahakan ketika berada di daerah yang ber-sinyal rendah, jangan aktifkan koneksi data.
  3. Matikan fungsi 'vibrate' pada ponsel, karena getaran akan lebih memakan daya baterai ketimbang ringtone.
  4. Atur seminim mungkin waktu backlight. misalnya 15 detik.
  5. Matikan fungsi gps, bluetooth, wifi jika sedang tidak di pakai.
  6. Ketika sedang berada di perjalanan, aktifkan hanya mode GSM saja.
  7. Hindari lokasi ponsel di tempat yang panas.
  8. Hanya isi baterai ketika mendapat notifikasi baterai lemah, biasanya pada saat berada di level 15 %, dan pastikan charge sampai benar - benar penuh 100%
  9. Tutup aplikasi yang tidak di gunakan, karena pada dasarnya, setiap aplikasi yang berjalan di android ketika kita tutup itu tidak benar - benar tertutup melainkan hanya berjalan di background. jad gunakan itur task manager untuk meng-kill aplikasi yang sudah tidak kita gunakan.
  10. Gunakan wallpaper berwarna gelap / hitam, karena OS akan lebih memakan daya ketika brightness layar tinggi.
Cara diatas dapat kamu lakukan untuk membuat baterai androidmu lebih awet.
EM Sinaga
EM Sinaga Digital Creator

Posting Komentar untuk "Cara Menghemat Baterai Android (Smartphone) "