Pengertian Minus One dan Perbedaannya dengan Karaoke

Kita mungkin sering mendengar istilah minus one dalam dunia musik, apa sih arti musik minus one itu?

Perlu diketahui musik minus one biasanya ditemukan/dipakai pada saat latihan, atau untuk pemusik yang ingin perform di panggung tanpa diiringi oleh pemusik lainnya atau tanpa band pengiring (backingtrack). 

Arti Minus One dan Perbedaan Minus One dengan Karaoke

Kalau di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia minus one ini berarti kurang satu.

Mnurut Deadly Slayer dikutip dari situs brainly.co.id 

Minus one adalah suatu cara menghilangkan vocal pada suatu lagu jadi yg didapatkan cuma nada saja,biasa dipakai saat latihan nyanyi

Menurut Lindazvenly dikutip dari situs brainly.co.id 

Minus One adalah sebuah lagu atau rekaman yang salah satu instrumentnya dihilangkan atau tidak diikutsertakan. Misalkan sebuah lagu terdiri dari: vokal, bass, gitar, drum dan keyboard. Lagu tersebut disebut “Minus One”gitar, jika instrument gitar dalam lagu nya dihilangkan atau tidak ada begitu seterusnya

Jadi sudah cukup jelas bukan untuk arti minus one ini

Terus apa perbedaan minus one dan karaoke, untuk itu kita perlu tahu definisi karaoke terlebih dahulu, secara sederhana karaoke merupakan sebuah lagu yang dihilangkan vocal nya. 

Dikutip dari kbbi karaoke merupakan jenis hiburan dengan menyanyikan lagu-lagu populer dengan iringan musik yg telah direkam terlebih dahulu. 

Berkaitan bukan, 

Jadi dapat disimpulkan bahwasanya karaoke tidak ada perbedaan dengan minus one, karaoke termasuk ke dalam minus one “minus one vocal”  vokalnya tidak ada atau dikosongkan 

Terus apa pentingnya musik one itu?

Musik minus one bisa dimanfaatkan sebagai media penyaluran hobby bermain musik meski tanpa band atau bernyanyi sesuai kemampuan , dimana di sana kamu bisa ambil bagian mengisi instrument atau vocal yang dikosongkan.

Dalam tayangan tv jika sebuah band ingin perform terkadang mreka harus memilih melakukan minus one karena alasan pihak tv tidak memiliki alat alat yang mendukung (keterbatasan fasilitas). 

EM Sinaga
EM Sinaga Digital Creator

Posting Komentar untuk "Pengertian Minus One dan Perbedaannya dengan Karaoke"