6 Pilihan Cara Mencari Keyword Terbaik untuk Artikel

Setiap penulis, baik blog maupun website harus mengetahui topik atau konten apa yang tengah dicari oleh para pengguna di search engine agar mampu menemukan kata kunci. Lantas, bagaimanakah cara mencari keyword terbaik untuk artikel?

Apa itu Keyword?

6 Pilihan Cara Mencari Keyword Terbaik untuk Artikel 
Keyword adalah kata yang dipergunakan oleh pengguna saat melakukan searching pada mesin pencari. Memilih kata kunci ini sangatlah penting untuk performa website atau blog, serta bagaimanakah agar artikel Anda berada pada urutan teratas saat pencarian melalui Google.
Dengan memilih keyword yang tepat, maka akan semakin mudah bagi website atau blog Anda berada pada peringkat atas pencarian Google. Jika artikel pada halaman pertama, maka akan mendapatkan 50% klik bahkan lebih dan 30% untuk yang kedua.

Di sisi laiin, performa website atau blog pun akan semakin meningkat dengan pemilihan keyword yang sesuai. Beberapa jenis keyword yang perlu Anda ketahui yaitu:
  • Short tail keyword (terdiri dari satu sampai dua kata dasar).
  • Long tail keyword (gabungan beberapa kata).
  • Keyword Iabadi (selalu dicari pengguna terutama terkait aktivitas sehari-hari).
  • Keyword musiman (muncul ketika terjadi sesuatu yang tengah ramai dalam waktu sementara).
  • Informational keyword (digunakan untuk mencari informasi tertentu).
  • Inavigational keyword (digunakan untuk menuju website tertentu).
  • Buying Keyword (digunakan sebelum membeli sesuatu).
  • Commercial Investigation Keyword (diperlukan saat orang ingin melihat review akan suatu barang sebelum membeli).

Beberapa Cara Mencari Keyword Terbaik untuk Artikel

Untuk mendapatkan keyword terbaik sebernarnya tidaklah sulit, Anda bisa melakukannya dengan bantuan beberapa tool di bawah ini:

1. Ubersuggest

Sebuah keyword tool yang tidak dipungut biaya dalam menggunakannya. Ubbersuggest memberikan informasi tentang kesulitan dan saran yang bisa Anda gunakan serta mengenai volume besarnya pencarian kata kunci.
Ubersuggest memberikan saran tentang keyword yang masih related ketika Anda mengetiknya pada kolom pencarian. Anda dapat mengurutkan masukan tersebut berdasarkan volume pencarian dan cost per click.

2. Google Trend

Fasilitas keyword tool dari Google ini tidak dipungut biaya pada penggunanya. Silahkan atur wilayah sesuai negara yang sedang Anda targetkan. Dalam alat bantu ini grafik pergerakan akan ditampilkan dari satu jam terakhir hingga mundur ke lima tahun terakhir.
Google Trens memberikan saran berjenis long tail keyword yang masih ada kaitannya, dengan penelusuran Anda dengan “klik” pada hasil bagian queries. Salah satunya untuk melihat related keyword serta trend pencariannya.

3. KWFinder

Keyword tool yang memberikan informasi berisi volume pencarian, SERP serta tingkat kesulitan sebuah kata kunci. Berbeda dengan yang lain KWFinder sepenuhnya tidaklah gratis karena Anda harus mendaftarkan diri sebagai anggota.
Pada KWFinder menyediakan paket premium dengan spesifikasi berbeda, di antaranya yang termurah mampu melakukan riset sebanyak 100 kali dalam waktu 24 jam. Sedangkan untuk bagian termahal bisa mencapai 1200 pencarian.

4. Keyword Berbayar

Contoh dari keyword berbayar adalah Google Bisnisku yang memiliki 32.000 pencarian serta trafik sebesar 3000 lebih. Kata kunci dengan search tinggi juga memiliki potensi traffic yang tinggi pula, Namun beberapa kasus terjadi dengan hasil rendah.
Keyword dengan search volume rendah atau kecil juga mampu memiliki traffic yang tinggi. Anda harus memahami kebutuhan yang diperlukan agar cara mencari keyword terbaik pada artikel bisa berhasil dan populer.

5. Soovle

Soovle tidak memberikan informasi mengenai volume pencarian SER maupun tingkat kesulitan, tool satu ini hanya membagikan saran long tail keyword yang populer saja serta hasilnya pun tidak seakurat Ubersuggest, Google Trends maupun KWFinder.
Soovle tidak menyediakan kata kunci teratas berdasarkan bahasa atau wilayah, tool satu ini hanya memberikan terkait beberapa pilihan kata kunci. Fitur yang tersedia adalah daily top keyword dan dipergunakan pada kata bahasa Inggris saja.

6. Answer The Public

Answer The Public hanya menyediakan beberapa bahasa asing dan tentu saja salah satunya adalah bahasa Inggris. Meskipun demikian, tool ini sangat recomended untuk Anda coba karena lumayan lengkap dan komprehensif.
Saran yang diberikan oleh Answer The Public adalah menggunakan format what, where, when, why, who serta how. Jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia mungkin Anda akan menemukan sebuah konten yang berkualitas dan berpotensi populer.

Itulah beberapa cara mencari keyword terbaik pada artikel menggunakan tool. Temukan yang sesuai dengan website dan keuangan. Kesalahan dalam pemilihan akan berpengaruh pada popularitas artikel Anda. Selamat mencoba.

EM Sinaga
EM Sinaga Digital Creator

Posting Komentar untuk "6 Pilihan Cara Mencari Keyword Terbaik untuk Artikel"