Mengenal Materi Dasar Jaringan Komputer dan Internet

Perkembangan teknologi sekarang ini tumbuh semakin cepat hingga mampu membuat interaksi di dunia maya, berkirim gambar dan data serta menggunakan aplikasi yang menunjang aktivitas. Tidak heran jika materi dasar jaringan komputer dan internet sudah diajarkan mulai jenjang SMK.

Mengenal Materi Dasar Jaringan Komputer dan Internet

Jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari dua atau lebih dan saling berhubungan satu sama lain melalui media transmisi. Fungsinya yaitu, untuk membagikan data serta informasi dengan bantuan kombinasi hardware dan software.

Materi Dasar Jaringan Komputer dan Internet 

Kemudian, perangkat jaringan berkomunikasi melalui transmisi kabel bahkan wireless. Jaringan bisa berubah menjadi private karena memerlukan user dalam memasukkan kredensial atau bahkan publik yang tidak ada batasan akses. Jaringan komputer pun di golongkan menjadi 5 macam yaitu:

1. Berdasarkan Jangkauan Geografis

Local Area Network (LAN). Jenis jaringan komputer yang menjangkau tidak lebih dari 1 kilometer. Menggunakan teknologi Ethertnet dengan kecepatan transfer data mencapai 1000 mb per detik.
Metropolitan Area Network (MAN). Jenis jaringan komputer yang mencakup satu kota dari jarak 10 hingga 60 kilometer dengan kecepatan transfer cukup tinggi. MAN tidak dilengkapi elemen switching dan mempunyai kabel satu hingga dua.
Wide Area Network (WAN). Jenis jaringan yang mencakup beda negara, bahkan benua dan digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih pada jaringan lokal

2. Berdasarkan Sumber Data dan Informasi

Terpusat. Terdiri dari komputer client yang bertugas sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi yang berasal dari komputer server.
Terdistribusi. Hasil paduan berbagai macam jaringan terpusat sehingga beberapa komputer server dan client saling terhubung.

3. Berdasarkan Transmisi yang Digunakan

Kabel. Jaringan jenis ini menggunakan media transmisi yang menghubungkan komputer satu dengan lainnya. Penggunaan kabel berpengaruh pada kecepatan data dan informasi asalkan benar serta baik.
Wifi. Jaringan yang tidak membutuhkan kabel sebagai media transmisi data. Bahkan, saat ini semua jenis smartphone sudah menggunakannya.

4. Berdasarkan Proses Data

Client Servis. Jaringan yang terdiri atas satu atau lebih server yang memiliki tugas sebagai sumber daya data serta client untuk menggunakan sumber daya data yang telah tersedia
Peer to peer. Jaringan pada masing-masing komputer yang mempunyai kedudukan sama dalam hal sumber data.

5. Berdasarkan Topologi Jaringan

Bentuk dan struktur jaringan yang dapat menghubungkan satu komputer dengan yang lain. Dikategorikan dalam tipe dasar yaitu bus, ring, star, tree serta mesh.

Pengertian Internet

Internet adalah gabungan sebuah jaringan terdiri dari dua atau lebih perangkat komputer dan merupakan yang terbesar. Penggunaan jaringan ini telah dinikmati berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia.
Materi dasar jaringan komputer dan Internet membawa beragam sumber daya dan layanan informasi. Seperti handphone, email, situs world wide web maupun berbagai dokumen statis dan dinamis yang membuat semua manusia bergantung.
Internet memiliki kecepatan akses yang berbeda tergantung pada provider yang Anda gunakan. 1 kilobits per second sama dengan 1.000 bits serta 1 megabits per second sama dengan 1.000.000 bits.
Kecepatan internet dipengaruhi oleh faktor komputer atau smartphone pelanggan, kepadatan lalu lintas internet, jumlah server yang diakses secara bersamaan, kemampuan dan kecepatan dimana pelanggan mengakses.

Apa Saja Fungsi dan Manfaat Internet?

Fungsi internet dalam kehidupan sehari-hari yaitu memudahkan mengakses berbagai macam informasi dan data dengan mudah serta untuk menyelesaikan berbagai masalah secara efektif dan efisien.
Menghubungkan antar manusia untuk saling berkomunikasi dari berbagai wilayah dan negara tanpa bertemu sehingga lebih menghemat waktu. Selain itu internet juga memberikan kemudahan proses jual beli onlline antara penjual dan pembeli tanpa harus datang ke toko yang diinginkan.

Dampak Internet pada Kehidupan

Dampak positif internet untuk penggunanya adalah memudahkan akses informasi dan data, berkomunikasi, proses jual beli online serta mendapatkan sarana hiburan hanya dengan menggunakan smartphone, laptop maupun macbook.

Dampak negatif internet adalah terjadinya cyber crime seperti penipuan, maraknya hoax serta penyebaran, konten negatif dan perilaku buruk pada media sosial serta cyber bullying yang menyebabkan korban terganggu kesehatan mental dan hatinya

Itulah beberapa materi dasar jaringan komputer dan internet. Manfaatkan perkembangan teknologi sekarang ini dengan bijaksana dan lebih selektif kembali dalam penggunaan pada kehidupan Anda sehari-hari.
EM Sinaga
EM Sinaga Digital Creator

Posting Komentar untuk "Mengenal Materi Dasar Jaringan Komputer dan Internet"