Cara Indeks Artikel di Google dengan Mudah

Bagi Anda yang baru memulai atau sudah lama berada dalam dunia blogging pasti sudah mengetahui akan pentingnya sebuah tulisan. Namun bagi pemula, cara indeks artikel di Google sangat dibutuhkan agar laman mereka bisa muncul di mesin pencari.
Cara Indeks Artikel di GOOGLE dengan Mudah

Apa itu Indeks Artikel?

Google Index adalah berbagai kumpulan database berisi informasi dan halaman website yang dikumpulkan oleh Google. Berdasarkan data itulah artikel Anda dapat ditampilkan pada mesin pencarian kepada penggunanya.
Kumpulan database tersebut didapatkan dari crawling dan indexing. Dari kedua proses tersebut Google bisa menemukan halaman-halaman website pada mesin pencari yaitu dengan menggunakan sebuah teknologi bernama spiders.

Crawling adalah proses yang dilakukan oleh Google dengan cara menemukan halaman website dan menelusuri melalui link, serta menambahkannya ke indeks mereka. Hasilnya crawler akan menampilkan situs terkait akan suatu konten atau kata kunci.
Indexing adalah proses dimana mesin pencari menyimpan ratusan miliar data-data dari website. Jadi saat Anda melakukan pencarian, Google bisa memunculkan halaman serta situs pada search engine yang relevan dengan keyword.

Bagaimana Cara Indeks Artikel di Google?

Setiap postingan yang akan Anda publish, tentunya tidak langsung dikenali oleh mesin pencari Goolge. Oleh karena itu, harus dilakukan indeks dengan cara:

1. Menambahkan Website ke Google Search Console
Langkah pertama daftarkan website pada “Google Search Console” agar artikel dikenali oleh Google. Laman satu ini juga disediakan gratis untuk memonitoring bagaimana kinerja situs Anda. Selain itu, juga untuk mengetahui domain yang memberikan link hingga analisis halaman dengan trafik tertinggi.
Google Search Console membantu melakukan perbaikan pada website serta memberi informasi total berapa kali laman dikunjungi. Tool satu ini juga membantu mengidentifikasi halaman paling populer dan darimana pengguna tersebut mengetahui artikel Anda.

2. Membuat Sitemap
Cara satu ini aman dan tidak berdampak buruk pada web atau blog. Sitemap mempunyai fungsi untuk memudahkan crawler spiders melakukan indeks pada website Anda. Menu tersebut memberikan petunjuk ke user dan mesin pencari terkait semua halaman yang bisa diakses.
Keuntungan sitemap pada sebuah website adalah memudahkan search engine melakukan index pada halaman yang tidak terstruktur atau tidak memiliki internal link, serta memberitahu mengenai perubahan struktur dan memudahkan laman ditemukan.

3. Membuat Robots.txt
Robots.txt merupakan sebuah file sederhana yang berfungsi mengontrol search engine pada website. Kegunaannya yaitu agar Google bisa membedakan halaman mana saja yang boleh dan tidak boleh diindeks serta ditampilkan.
Ada beberapa cara untuk mengaktifkan Robots.txt, yaitu dengan menggunakan Plugin All In One SEO Pack, Yoast SEO dan menggunakan secara manual. Pilihlah sesuai pemahaman masing-masing untuk cara indeks artikel di Google.

4. Membuat Konten
Website jenis apa saja disarankan untuk memiliki konten di dalamnya, namun juga tidak asal-asalan. Tentukan topik sebelum membuat serta sesuaikan dengan target pasar. Menggunakan keyword yang tepat memudahkan pengguna menemukan konten Anda.
Konten dengan kualitas tinggi dan segar membuat Googlebot sering melakukan crawling ke website Anda sebab sering muncul pada saat pencarian. Disarankan memberikan infomasi tentang apa yang sedang hangat dan bermanfaat bagi para pengguna.

5. Membuat Kategori Konten
Mengkategorikan konten membantu Anda yang memiliki banyak artikel di dalamya serta memudahkan pengunjung laman menemukannya. Google akan mengcrawling website dengan efisien dan lebih memahami topik serupa.
Kategori konten membuat website lebih menarik untuk dikunjungi. Tidak butuh scroll jauh ke bawah, cukup “Klik” pada jenis-jenis yang sudah dikelompokkan sehingga pengunjung bisa membaca artikel Anda yang lainnya.

6. Perbanyak Internal Link
Internal link adalah sebuah link yang menghubungkan halaman satu dengan lainnya. Hal ini akan membantu Google memahami setiap artikel pada website Anda. Pergunakan kata yang memberikan manfaat dan nilai bagi pengunjung laman karena jika salah akan berdampak buruk terhadap SEO.
Jika meletakkan link secara asal-asalan dan tidak saling berhubungan, maka Googlebot akan mengalami kebingungan dengan website Anda. Sebab, keterkaitan antara satu dengan lainnya menjadi hilang serta dianggap spam.

Itulah cara indeks artikel di Google. Tanpa Google Index, artikel Anda tidak akan muncul pada search engine dan pengunjung pun juga akan sepi. Setelah berhasil, sekarang saatnya berusaha berkompetisi untuk mendapatkan ranking pencarian pada optimasi SEO. Semoga sukses.
EM Sinaga
EM Sinaga Digital Creator

Posting Komentar untuk "Cara Indeks Artikel di Google dengan Mudah "