Cara Meningkatkan Kualitas Website dengan Artikel SEO

Bagi pemula atau seseorang yang baru saja memasuki dunia website, maka pasti bertanya-tanya tentang artikel SEO. Namun untuk Anda pengguna hingga pemilik situs kebanyakan sudah menguasai. Tidak hanya pengertian sekilas, tetapi juga manfaat hingga cara pembuatannya.

Pengertian Artikel SEO

Cara Meningkatkan Kualitas Website dengan Artikel SEO

Kata artikel sebenarnya tidak terlalu asing saat dibaca. Lebih sederhananya, diartikan sebagai karya tulisan tentang tema tertentu kemudian sengaja dibuat ditujukan kepada pembaca. Begitu juga dengan SEO singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu sebuah kata kunci untuk membuat situs muncul di mesin pencarian.

Lalu jika kedua kata tersebut digabungkan, artikel SEO memiliki pengertian sebuah tulisan yang dibuat mengandalkan pendekatan SEO. Dalam penulisannya tidak bisa dilakukan sembarangan melainkan mengikuti aturan tertentu. Tujuan dibuatnya artikel ini juga agar muncul pertama di mesin pencarian.

Meski secara umum artikel SEO dibuat agar muncul di halaman utama ketika diketikan di mesin pencarian google. Tetapi lantas bukan berarti mengesampingkan tujuan khusus, yaitu menciptakan kepuasan para pembaca atau pengunjung situsnya.

Bagaimana Cara Membuat Artikel SEO?

Keberadaan artikel SEO sangatlah penting di dunia website. Peranannya dalam mendongkrak rating sebuah situs cukup berpengaruh. Selain mengikuti beberapa aturan penulisan, tetapi juga tidak melupakan unsur penting lain yaitu menarik perhatian para pembaca. Lantas, bagaimana caranya?

1. Pilih Kata Kunci Tepat

Cara pertama yang harus dilakukan bagi penulis artikel SEO yaitu di bidang kata kunci. Bidik terlebih dahulu jenis keyword yang ingin digunakan. Sebaiknya tidak hanya melihat berdasarkan sudut pandang keinginan saja melainkan juga memperhitungkan berdasarkan jumlah pencarian di Google.
Semakin spesifik akan lebih bagus bagi situs pemula yang belum terlalu dikenal. Sedangkan untuk website yang telah memiliki nama besar sekalipun hanya menggunakan kata kunci secara umum pun tidak masalah. Perhitungan kata kunci ini bisa menggunakan tool dari Google Trends, Keyword Sheeter, Ubber Suggest, dan sebagainya.

2. Judul Mengandung Kata Kunci

Cara kedua setelah mengetahui jenis kata kunci yang dibidik dan digunakan, barulah kemudian sesuaikan dengan judul artikel SEO. Berbeda dengan jenis tulisan lainnya, karena Anda harus mencantumkan keyword di dalamnya. Usahakan seluruhnya bisa ditempelkan ke dala judul.
Namun agar membuat artikel SEO tersebut mendapatkan banyak pengunjung atau pembaca, sebaiknya tidak hanya mencantumkan kata kunci. Tetapi juga buat ide sekreatif mungkin untuk membuat judul tidak terlihat kaku melainkan menimbulkan ketertarikan pembaca.

3. Perhatikan URL

Artikel SEO akan mudah dicari dan ditemukan atau tidak bisa dilihat melalui URLnya. Maka dari itu, sebaiknya buat alamat yang familiar dihafal serta dikenali. Unsur yang tidak boleh ditinggalkan yaitu mencantumkan kata kunci di dalam alamat tersebut.
Anda pasti sering menjumpai URL yang sangat panjang. Padahal hanya mengandung kata kunci beberapa bahkan satu jenis. Jika jenis situs sudah cukup populer sebetulnya tidak masalah, tetapi bila website masih terbilang baru sebaiknya gunakan alamat sesingkat dan seefektif mungkin.

4. Jumlah Kata

Artikel SEO dibuat berdasarkan aturan-aturan penulisan khusus. Begitu juga dengan jumlah kata yang dipakai. Terdapat 2 pendapat, yang pertama menyarankan jumlah ideal untuk menonjolkan kesan artikel terbaik. Yaitu berkisar antara 600 sampai 800 kata terbukti dari artikel yang menjamur di internet.
Tetapi bila menginginkan pencapaian halaman utama Google, maka Anda memerlukan menuliskan artikel pilar. Biasanya terdiri dari 2000 hingga 10.000 kata. Namun juga tetap memperhatikan kompetitor lainnya. Meski terdapat batas minimal, jika pesaing lain lebih banyak maka harus mengunggulinya.

5. Penempatan Kata Kunci

Selain hal-hal di atas, langkah yang tidak kalah penting untuk dilakukan yaitu penempatan kata kunci. Terdapat 2 pendapat yang membahas. Pandangan pertama mengatakan bahwa keyword perlu diletakkan secara berjauhan di 3 tempat yaitu paragraf awal, tengah, serta akhir.
Namun pendapat berikutnya tidak meletakkan kata kunci di 3 tempat. Melainkan menyebar di seluruh artikel secara natural sehingga tidak terkesan dibuat-buat. Namun meski begitu, jumlahnya harus ditentukan agar tidak terllau sedikit maupun banyak.

6. Jumlah Kata Kunci

Sebuah artikel SEO memang berbeda dengan jenis lainnya. terletak pada unsur kata kunci yang digunakan. Tidak hanya jenisnya agar sesuai ketika diketikkan di mesin pencarian, tetapi juga jumlah di dalamnya. Sebaiknya sebanyak 2,5 hingga 3% dari keseluruhan kata.
Sebagai contoh bila tulisan artikel SEO terdiri dari 1000 kata, maka harus memuat paling tidak sebanyak 25 kata kunci. Meski terlihat cukup banyak namun jika sudah diatur penempatannya secara menyebar, maka akan membuat pembaca mudah ingat dengan keyword di tulisan.

7. Pastikan Artikel Menjawab Pertanyaan Pembaca

Google merupakan salah satu mesin pencarian paling populer saat ini karena banyak digunakan. Karena hal itu, maka kemampuannya untuk mengecek tentang kepuasan pembaca terhadap sebuah artikel SEO sudah tidak perlu diragukan lagi. Seperti pengujian dari lama tidaknya pengunjung saat membaca.

Usahakan agar artikel SEO milik Anda diminati oleh pembaca, maka harus memuat konten sangat lengkap. Jika perlu melakukan pengamatan terlebih dahulu tingkat kebingungan atau keingintahuan pengunjung sehingga ketika mengunjungi situs tersebut sudah mendapatkan semua jawabannya.

8. Layak Baca

Tujuan dibuatnya sebuah artikel SEO yaitu diberikan kepada pembaca untuk dinikmati maupun memberikan gambaran pengetahuan. Maka sudah seharusnya dalam pembuatan melibatkan ketelitian yang tinggi agar tidak ada kalimat atau peletakan tanda baca yang salah.
Bahkan artikel SEO juga harus berpedoman pada kaidah penulisan. Maka dari itu, idealnya sebuah artikel baru layak posting setelah disunting oleh editor. Tetapi jika belum memiliki, tidak perlu khawatir karena bisa melakukannya secara individu.

9. Memasukkan Gambar

Hampir semua orang menyukai hiburan. Begitu juga dengan pengunjung atau pembaca. Itu sebabnya sebaiknya dalam penulisan artikel SEO mencantumkan gambar di dalamnya. Namun, tetap memilih yang tepat sesuai kata kunci yang dipakai.
Namun ketika memasukkan gambar di dalam sebuah artikel SEO tidak dilakukan begitu saja. Melainkan perhatikan ukuran file sebaiknya diperkecil agar tidak membuat akses website menjadi lemot dan membosankan.

Manfaat Artikel SEO

Artikel SEO bisa digunakan untuk berbagai bidang. Termasuk menyisipkan di bisnis milik Anda degan mempublikasikannya. Apalagi bila kualitasnya bagus, maka sebuah website bisa dikatakan berhasil muncul di halaman utama mesin pencarian.

Selain bisa muncul di halaman utama mesin pencarian. Keuntungan lainnya yang didapatkan sebuah situs yaitu memungkinkan untuk mendapatkan banyak pengunjung. Dengan begitu secara tidak langsung akan mendobrak popularitas serta laba bagi penerjun bidang bisnis.

Jika sebuah artikel SEO yang Anda buat terdiri dari jumlah banyak. Apalagi terjamin dari segi kualitas, maka ketika sering muncul di halaman utama mesin pencarian akan sekaligus menciptakan citra kepada pengunjung bahwa situs tersebut dapat dipercaya.

Kini Anda sudah memahami tentang artikel SEO. Memiliki segudang manfaat bagi pegiat SEO, namun cara pembuatannya cukup mudah meski untuk kalangan pemula.
EM Sinaga
EM Sinaga Digital Creator

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Kualitas Website dengan Artikel SEO"