Membuat Pestisida dan Insektisida Organik Ampuh Berbahan Paitan

Sesungguhnya banyak Pestisida dan Insektisida Organik yang bisa kita ciptakan, tapi kita pilih yang lebih ampuh dan efektif yaitu berbahan Paitan ini. Dalam bahasa Ilmiah Paitan ini namanya adalah Tithonia Difersifolia. Sebutan bahasa asing internasionalnya adalah Mexican Sunflower. Dalam bahasa Indonesia ada banyak nama, seperti Kipahit, Paitan, Pait pait, dll.

Paitan atau Kipahit

Sebagai bahan obat-obatan untuk merawat tanaman budidaya, termasuk untuk jahe kita, Paitan ini mengandung 3 unsur penting untuk menangkal hama yaitu :

1. Saponin

Kandungan Saponin yang terdapatt di Paitan ini memiliki metabolik sekunder dan rasa yang sangat pahit dan berbusa. Sifat busa ini sama dengan diterjen yang mengandung racun yang dpt membunuh hama hama perusak berdarah dingin seperti reptil, ikan, serangga, keong, laba², dll.

2. Polyphenol

Kandungan Polyphenol ini jga sama, memiliki metabolik sekunder yang menjadi antioksidan bagi tanaman jahe kita, sehingga jahe kita jadi kuat untuk menangkal serangan² penyakit yang biasa mengganggu.

3. Quassinoid

Kandungan Quassinoid ini memiliki daya iritasi terhadap kulit bakteri dan jamur vatogen yang mungkin merusak tanaman jahe kita, sehingga jahe kita mnjdi lebih bandel dan sehat.

Merujuk kepada fakta di atas, maka Paitan menjadi bahan/material yang baik kita jadikan menjadi Fungisida sekaligus Insectisida Nabati yang ramah lingkungan, karena selain ampuh menangkal peyakit jahe kita, residu bahan Paitan ini juga mudah terdekomposisi dlm waktu yang singkat secara alami.

Cara membuat Fungisida sekaligus Insectisida Organik Paitan ini adalah sebagai berikut:

Bahan  : 2 kg daun paitan segar

Proses : Daun Paitan dicacah lalu di ditumbuk spy saripati daun tsb pecah dan keluar. Selanjutnya tambahkan 6 liter air, masak hingga mendidih, dinginkan/endapkan 1 malam. Lalu saring. Cairan yang kta dapatkan akan menjadi Pestisida, Insectisida yang bagus untuk jahe kita. Aplikasikan dengan menyemprot ke daun dan batang jahe, supaya jahe sehat, bebas dari hama dan penyakit dengan dosis 100 cc/ tank10 ltr. Sisa ampas perasaannya bisa kita gunakan mnjdi kompos padat buat jahe kita.

NOTE : 

Daun Paitan bisa juga kita gunakan membuat POC, sebab Paitan juga mengandung unsur Nitrogen, Phosfor dan Kalium lumayan banyak. Kulit batang dan akar Paitan juga mengandung Glukosa yang tinggi, dimana glukosa sangat kita butuhkan mnjadi sumber makanan mikroba dalam proses penguraian/fermentasi di kegiatan tani. Selain itu, daun Paitan juga bisa mnjadi Insuline untuk penderita Diabetes. Daun Paitan juga dapat dijadikan mnjadi pakan ternak. Yang terakhir, cairan daun Paitan yang sudah dimasak tadi, bisa jga disemprotkan ke lahan pertanian dengan dosis tinggi untuk mencegah perkecambahan spora tumbuhan untuk mengantisipasi gulma di lahan tani kita. Masih banyak catatan Jurnal Imiah positif mengenai keunggulan dan manfaat positif Paitan ini di bidang pertanian di berbagai tempat di belahan bumi kta ini.

Semoga Bermanfaat


EM Sinaga
EM Sinaga Digital Creator

Posting Komentar untuk "Membuat Pestisida dan Insektisida Organik Ampuh Berbahan Paitan"